Langsung ke konten utama

Tugas 6 Pemrograman Berorientasi Objek (A)

Image Viewer & Login Panel

A. image Viewer

    Pada kali ini saya akan membahas tentang image viewer yang dapat menampilkan gambar dalam format jpg dengan mengunakan Object Oriented Programming di Java. Pada kali ini saya menggunakan blueJ sebagai IDE.
berikut adalah kelas-kelas nya :
1. imageViewer
2. imagePanel
3. OFImage
4. ImageFileManager

Berikut source code class imageViewer

Berikut source code class imagePanel

Berikut source code class OFImage

Berikut source code class ImageFileManager


Berikut hasil Outputnya

Tampilan image tanpa filter

Dengan Filter Darker

Dengan Filter Lighter

Dengan Filter Treshold


A. Login Panel

    kemudian saya akan mecoba menjelaskan bagaimana pembuatan sebuah GUI dari Login Form panel. Dalam program ini, hanya terdapat satu class saja. Login Panel akan mengecek apakah username dan password yang dimasukkan oleh user sama dengan username dan password yang ada dalam sistem. Jika sama, maka akan memunculkan sebuah pesan "Access Granted!" dan jika tidak sama akan memunculkan pesan "Access Denied!"

Berikut source codenya 

Berikut hasil outputnya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 6 PWEB D

Login page dan Contact Me      Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai pembuatan login page dan contact me dengan menggunakan bantuan bootsrap.      login page dan contact me menggunakan bahasa pemrograman html dan css dan js. berikut adalah tampilannya.                       Login page & Contact Me Berikut adalah link aksesnya : https://ianm27.github.io/login-contact_me/ Source Code Berikut adalah source code dari login page dan contact me HTML <! DOCTYPE html > < html > < head > < meta charset = "utf-8" /> < meta name = "viewport" content = "width=device-width, initial-scale=1" /> < link rel = "stylesheet" href = "https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.5.2/css/bootstrap.min.css" /> < link rel = "stylesheet" href = "https://unpkg.com/aos@2.3.1/dist/aos.css" /> < link rel = "stylesheet" hr...

Tugas 5 Pemrograman Berorientasi Objek (A)

World of Zuul Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang gam sederhana Yaitu world of Zuul. Game ini merupakan game yang bergenre adventure dimana player dapat berjalan ke barat, utara, timur, selatan dengan menggunakan perintah (command) yang ada pada game ini untuk mendapatkan jalan keluar. Game ini didesain berdasarkan implementasi dari Designing Classes. Terdapat 5 class yang nantinya akan kita gunakan untuk membangun game ini yaitu :       1. Game      2. Command      3. CommandWords      4. Parser      5. Room  Implementasi Class Berikut adalah source code dari kelas Game : Berikut adalah source code dari kelas Command  Berikut adalah source code dari kelas CommandWord Berikut adalah source code dari kelas Room Berikut adalah source code dari kelas Parser Cara Menjalankan Game Pertama kalian klik kanan pada class Game kemudian pilih new Game() Beri nama kemudian klik ok, misal kita b...

Tugas 7 Pemrograman Berorientasi Objek (A)

Java Applet dan Java FX A. Java Applet      Applet adalah salah satu jenis program yang bisa dihasilkan oleh bahasa pemrograman Java selain program aplikasi desktop dan server. Applet Java harus dijalankan menggunakan web browser, misalnya di Microsoft Internet Explore, Mozilla FireFox, Google Chrome atau browser yang lain.  Applet Java dapat disertakan di dalam dokumen HyperText Markup Language (HTML) bila ingin dijalankan di web browser. Dokumen HTML menggunakan tag untuk memberi instruksi ke web browser dan web browser akan menterjemahkan dan memutuskan bagaimana menampilkan atau memperlakukan konten dari dokumen HTML. Kali ini kita akan mencoba mengimplementasikan java applet dalam sebuah program jam analog yang bekerja mengikuti waktu setempat. Berikut Source Code nya B. Java FX      JavaFX adalah sebuah platform software untuk membangun sebuah aplikasi rich internet application (RIA) yang bisa berjalan pada berbagai macam perangkat. Seperti kompu...